Kenapa pisah?

Sandiwarakah selama ini

Setelah sekian lama kita tlah bersama

Inikah akhir cerita cinta

Yang slalu aku banggakan di depan mereka

Dalem ya lagunya? Iya. Ini lagunya Glenn Fredly, konon katanya lagu ini dibuat waktu dia putus sama pacarnya yang udah dipacari selama bertahun-tahun. Kalo dari lagunya sih kayaknya 3 tahunan lebih. Tapi si Glenn ini udah move on, buktinya dia nikah sama penyanyi-blasteran-cantik-yang-sekarang-berhijab-dan-udah-nikah-lagi meskipun pada akhirnya gagal. *pukpukabangGlenn* Sementara si mantan pacar juga udah nikah dan punya anak tiga yang lucu-lucu.

Ini kenapa jadi rumpiin si Ambon manise itu sih? -___-

Well.. Sebenernya akhir-akhir ini gue agak sedikit terganggu, ummm.. Tunggu, engga terganggu banget sih, gak ngaruh sama hidup gue juga, eh tapi ganggu deng, abis tayangannya tentang dia-dia mulu.

Pertama, pasangan yang udah menikah selama 24 tahun memutuskan buat bercerai.. *jeng jeng* zoom in zoom out* Anggaplah dulu mereka menikah di umur 25 tahun, berarti sekarang mereka 49 tahun (ceritanya yaa..). Bukannya di umur segitu harusnya udah memasuki masa ‘tenang’ di hidup ya? (iya ini sotoy). Tapi kenapa mereka memilih untuk pisah? Apalagi basic mereka dulu sama-sama pernah gagal dalam berumah tangga. Kenapa harus terulang lagi?

Kedua, salah satu dari pasangan berbeda keyakinan yang udah menikah selama 27 Tahun menggugat cerai… *DYAAARR*. Sementara pasangannya sampe saat ini belum juga angkat bicara (bok, pengamat infotainment banget gue). Isu adanya orang ketiga dan bla bla bla menjadi rumpian heboh ibu-ibu yang suka nongkrong di samping gerobak abang sayur kompleks gue.

Gue emang engga kenal deket pasangan ini (siapalah gue ini). tapi muncul pikiran-pikiran di otak gue:

– Dua Puluh tahun lebih pernikahan itu engga sayang ya kalo kandas gitu aja?  Yang dua tahun pacaran terus pisah aja udah disayangkan banyak orang

– Kalo tentang perbedaan keyakinan, kenapa engga dari dulu aja? Dari awal udah tau akhirnya kayak apa kan? Dulu, masih berharap akan ada yang ‘berubah’ salah satu? Jujur, gue adalah orang yang engga yakin sama pasangan berbeda keyakinan.

– Kemana rasa sayang yang udah mengiringi selama sekian puluh tahun? Gak bisa dibalikin lagi kayak dulu?

– Bersama selama sekian puluh tahun pasti engga lancar-lancar aja, selalu ada hambatan yang pada akhirnya berhasil dilewati. Lalu mengenai hambatan yang sekarang ini terjadi kenapa engga bisa?

Gue yang denger, nonton ataupun baca berita tentang mereka rasanya kok miris banget ya apalagi mereka udah punya anak bahkan cucu! Sampe pada akhirnya gue tersadar..

– Kita gak akan pernah bisa merasakan tepat seperti apa yang bener-bener mereka rasakan.

– Setiap pasangan punya caranya sendiri untuk mempertahankan hubungan mereka. Satu cara yang ‘ampuh’ buat pasangan A belum tentu ‘ampuh’ untuk pasangan B.

– Setiap pasangan punya caranya masing-masing mengatasi permasalahan yang ada.

– Mencapai kata ‘sepakat’ itu engga mudah, meskipun hanya menyangkut dua orang.

–  Engga ada seorangpun yang menginginkan perpisahan, sekalipun dengan cara baik-baik.

– Pada akhirnya akan ada yang mengalah. Walaupun ini bukan perkara kalah ataupun menang.

– Pasti akan ada yang merasa tersakiti dari sebuah keputusan, dengan atau tanpa disadari.

– Keputusan terbaik tidak selamanya selalu diterima dengan baik pada saat yang bersamaan.

Hehehe.. Ini sih hanya pemikiran-orang-yang-belum-menikah dengan ke-sotoy-an nya aja yaa.. hehehe..

Advertisements

2 thoughts on “Kenapa pisah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s