Mau Kemana Mbak?

“Mau kemana mbak?” sapa seorang petugas patroli di Jatibening ke gue yang baru aja turun dari bis 63 (ini bis AC, jurusannya Senen-Bekasi lewat Rawamangun, RSCM, Pasar Baru. Kurang apa lagi? Oh.. ongkosnya? 6500 rupiah. Tips gue: ati-ati pilih bangku, soalnya suka ada yang AC nya bocyor.. hhuufftt.. Suka ada musisi jalanan yang suaranya enak ikutan naik, tapi pas kemaren terakhir gue naik bis, masa ada tulisan ‘pengamen dan pedagang asongan dilarang masuk’ L terus mereka gimana nyari duitnya?)

“ke kebon jeruk” jawab gue sambil nengok ke kanan nunggu jodoh bis yang udah 20 menit engga dateng-dateng.. *senderandipembatasjalanan*

Si petugas patroli pindah ke sebrang jalan yang sekarang jadinya gue berada di posisi sebrang-sebrangan sama dia. Begitu ada bis gede (yaiyalah gede, kalo kecil namanya angkot cup!) lewat, dia ketutupan dan setelah bis lewat, untung dia masih keliatan.. Kalo tiba-tiba dia ilang kan serem. eeeaaa.. sinetron abis.. hahaha..

*Bisnya gak dateng-dateng*

*mulai goyang-goyang* bukan goyang dangdut, maksudnya ini gue udah mulai gak betah, jadi nengok-nengok, jalan kanan dikit, balik lagi, gak jelas lah pokoknya kayak hubungan gue sekarang.

*Abang patroli nyamperin* (eh manggil abang gakpapa kan ya? 😐 gue gak suka manggil orang pake mas 😐 )

“bis kebon jeruk berarti yang ke arah Tangerang ya?”

“ho oh, lama sih biasanya”

“mau ngapain ke kebon jeruk?”

“mau ngurus kuliah”

*Bis AC05 berenti lama bener, sementara kalo disitu engga boleh berenti lama-lama karena cuma buat tempat transit atau naik turun penumpang yang pindah bis (pake dijelasin). Si abang patroli nyamperin bis nya*

*Bisnya jalan lagi*

*Abangnya nyamperin gue lagi* ciiiyeee.. pesona gue :p

“Biasa naik dari sini ya?”

“engga juga, jarang-jarang sih”

“ehiya.. baru mau masuk kuliah?” (ejiiye..muke gue muda bener ya? Udah iyain aja. Apa dia yang siwer? *DYAR*)

“iya..mau lanjut S1”

“ooh dari D3.. bagus itu, kalo ada kesempatan lanjutin aja. Jangan kayak saya.”

“hehehe.. Emang kenapa?”

“Saya lulusan D3 tapi cuma jadi begini”

“Diihh.. gakpapa lagi.”

“Saya sebenernya pengen kuliah lagi tapi belom bisa.”

“emang dulu kuliah dimana?” Si abang patroli ini ngomongnya medok cyin.

“Dulu saya di Jogja”

“ooohhh..”

*Abang patroli nyetopin pedagang asongan buat beli permen*

– Sumpe cuacanya panas banget, keringetan banget –

“Mau permen?”

“engga, makasih”

“Asli sini mba?”

“iya.. eh kayaknya baru deh ya banyak yang patroli, biasanya engga ada.”

“soalnya mau puasa, jadi persiapan gitu deh”

“oohh.. emang udah berapa lama di sini?”

*gue akhirnya mulai berani nanya-nanya karena menurut penerawangan gue, dia orangnya baik*

“di Bekasi baru 5 bulan, sebelumnya di Surabaya”

“oohh.. berarti disini tinggal di mess gitu?”

“iya.. di Rawapanjang” (apakah ini kode? *keplak*)

“oohhh” (padahal gue engga tau dimana itu Mess, hehe..)

“eh, namanya siapa?”

“Ulfah” gue gak perlu nanya namanya dong yaa.. keliatan di bajunya. Ntar malah dikira gue sepik lagi kalo nanya-nanya. (–,)

*si abang patroli di ajak ngobrol ama temennya*

*temennya pergi*

“emang kalo patroli itu dari jam berapa sih?”

“dari jam 6 pagi sampe 6 sore, terus gitu selanjutnya. Jadwal saya 2 hari pagi, 2 hari malem, 2 hari libur.”

“ooohh… emang engga ngeri ya kalo patroli?” (pertanyaan macam apa ini? 😀 )

“yaa.. udah terbiasa, kita itu harus terbiasa kalo ngeliat kecelakaan, keliling. Maaf ni ya, saya pernah nemuin kepala doang. Badannya gak tau dimana.”

“diih.. ngeri banget”

“belom lagi kalo ngeliat darah banyak. Ya kita (ini maksudnya petugas patroli, bukan gue ama dia) harus siap. Sebenernya dulu saya takut darah, tapi karena tuntutan pekerjaan saya harus siap dalam keadaan apapun. Orang lain kan engga mau tau. Taunya kita harus selalu siap.

“iya juga sih..”

“eh itu ada bisnya.”

*gue nengok ke kanan*

“eh iya, makasih ya. “

“Sukses ya mbak, doain saya bisa kuliah S1 abis lebaran nanti”

“Amiin.. “

*gue naik ke bis AJA (bis warna ijo, jurusan Bekasi – Tangerang)*

Di dalem bis gue mikir. Lagi-lagi gue diajarkan tentang kehidupan sama Allah lewat perjalanan gue. Dari sapaan singkat seorang petugas patroli jalan tol. Yang bisa gue ambil kali ini adalah:

–          Belajar jangan negative thinking sama orang yang baru dikenal. Jujur deh, pada suka engga jawab kan kalo disapa sama orang di jalan? Padahal bisa aja dia ngasih pelajaran yang engga elo duga.

–          Bersyukur karena gue lebih beruntung dari dia. Setidaknya gue engga harus berpanas-panasan di jalan setiap hari kayak petugas patroli

–          Jangan berhenti buat menuntut ilmu kalo ada kesempatan. Jangan di sia-siain, karena di luar sana banyak yang mau menuntut ilmu tapi engga punya kesempatan.

–          Jangan pernah memandang rendah seseorang karena pekerjaannya, karena engga ada pekerjaan yang bisa atau mau dikerjain sama semua orang. Petugas Patroli contohnya.

–          Kita bisa belajar dari mana aja, engga peduli siapa orangnya dan dimana tempatnya.

–          Setiap orang punya caranya sendiri dalam menjalani hidupnya. Kayak abang patroli tadi yang sebenernya takut darah. Tapi dia nyoba buat ngelawan ketakutannya demi pekerjaan.

Nah..

Hari ini…

Elo udah bersyukur?

Apa pelajaran yang elo dapet hari ini? atau lo engga punya pelajaran apa-apa yang bisa lo ambil dari kehidupan lo?

*salam dari Abang Patroli*

🙂

2 thoughts on “Mau Kemana Mbak?

Leave a Reply

