Spion

“Cepetan ka, entar terlambat.” Adek gue sedikit berteriak. Sambil terdengar suara mesin motor dinyalakan.
“Iya bentar” jawab gue dari dalam kamar sambil memakai kaos kaki.
“Nih” adek gue menyodorkan helm begitu gue muncul, gue langsung make helm, duduk di motor dan engga lupa ngebenerin posisi kaca spion kanan kiri.
Tiap pagi, gue dan adek berangkat bareng. Gue yang nebeng sih, karena jalur sekolah adek gue ngelewatin stasiun. Tapi biarpun gue yang nebeng, gue juga yang bawa motornya dan gue juga yang beliin bensinnya. Adek macam apa itu? -_- Yasutralahyaa yang penting gue engga kena macet dan dia mau gantian nyetir sih kalo gue bilang lagi ngantuk banget. Ehehehe.

Selesai gue ngebenerin kaca spion yang sekiranya pas sama penglihatan gue buat ngeliat kebelakang. Perjalanan kami pun dimulai..~~

Biasa aja sih, orang cuma dari rumah ke stasiun :p hahahaahaa.

Begitu sampai stasiun, gue turun dan gantian adek gue yang dibelakang kemudi motor. Dia ngebenerin spion sesuai sama penglihatan dia lalu cium tangan dan engga lupa dadah-dadah sama gue sambil gue ingetin “hati-hati”.

Sebenernya gue suka sebel sama arah spion kalo motor abis dipake sama dia. Arahnya itu terlalu keatas dan gue engga nyaman kalo ngikutin arah spion dia, otomatis tiap mau make itu motor pasti gue selalu benerin spion. Sampe gue pernah protes sama dia “ini spionnya naik banget sih” dan dia cuma jawab “ya udah sih suka-suka, orang enaknya begitu”

Begitu tiap hari. Gue selalu ngebenerin spion sebelum make motor, begitu juga si adek. Dia pasti ngelakuin hal yang sama.
Sampe akhirnya gue ngerti, gue engga bisa maksain si adek buat ngeliat spion sesuai sama penglihatan gue, senyamannya gue. Karena pasti dia engga nyaman ngeliat spion dari sisi gue. Begitu juga sebaliknya.

Dari situ gue belajar, gue engga bisa memaksakan orang lain memiliki pemikiran yang sama kayak gue, gak bisa juga memaksakan penglihatan yang pas persis seperti penglihatan dari sisi gue. Tiap orang jelas beda dan pastinya tiap orang engga akan mau dipaksa untuk sependapat dengan apa yang kita liat. Sama seperti gue yang engga mau dipaksa make spion sesuai arah penglihatan adek gue.

Belajar menerima. Belajar mengerti. Belajar untuk tidak memaksakan orang lain. Anak kembar aja pikirannya beda, apalagi gue sama adek gue yang terpaut usia 9 tahun. Ehehehehe

*ditulis diperjalanan pulang cikini-bekasi. Sambil berdiri dan akhirnya dapet duduk di stasiun klender baru :))

Leave a Reply

