Tentang Memaafkan

Beberapa kali gue denger atau baca quote “memaafkan tapi tidak melupakan”

Dulu, gue pikir itu cuma akal-akalannya aja orang yang sebenernya engga mau maafin kesalahan seseorang. Sampai itu kejadian terjadi sama diri gue sendiri.

*zing*

Yes, there was something ‘crack’ me in the past.

It really hurt.

Sungguh.

Gue pernah menyalahkan diri gue sendiri. Gue pernah “kok gue bego banget sih sampe bisa begini”. Menyalahkan diri sendiri atas kebodohan (?) yang gue buat pada saat itu adalah cara paling mudah. Amat sangat mudah. Tapi akhirnya gue sampe di fase bodo amat.

And yes… Time heals.

Gue memaafkan? Ya

Tau dari mana? Gak ada sakit-sakit nyelekit di hati ketika gue tiba-tiba diingatkan akan kejadian setahun lalu.

Kok tiba-tiba diingatkan? Karena dia datang lagi, dia minta maaf dan kejadian lalu keputer lagi dikepala gue.

Syit.

I remember every single detail.

Dan  komen gue cuma “apaan sih? udah lama banget kali” dengan selownya. Sungguh selow, karena ternyata hati gue biasa aja. Gue udah engga sakit lagi. Tapi pikiran gue yang masih sakit.

Mengingat detail kejadian yang tidak menyenangkan itu sungguh tidak menyenangkan.

Tapi setidaknya gue tau kalau hati gue udah sembuh, meski pikiran gue ternyata masih sakit.

Gue tidak mau jadi pendendam, semoga mengingat kejadian yang udah lewat bukan dikategorikan sebagai pendendam. Gue berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, pikiran gue juga cepet sembuh.

Kembali ke quote di atas. Menurut gue, perkara memaafkan itu adanya di hati dan perkara melupakan itu adanya dipikiran. Dua hal yang berbeda, ada di dua tempat yang berbeda.

Dan ketika gue ditanya “jadi, memaafkan tapi tidak melupakan itu bener?” Dengan yakin, gue bakal menjawab “YES”

Leave a Reply

