Pos Penting 2016

Di usia yang masih terbilang cukup belia ini (–,) sesungguhnya gue udah mulai memikirkan kemanakah uang seharusnya dihambur-hamburkan. Iihh banyak duit banget kesannya kan. Hahahaha. Mulai mikir buat beli ini, buat beli itu, buat bayar ini, buat bayar itu.

Bayar?
Emang gue make kartu kridit?
Oh tentu tidak….~~
Manalah berani gue bikin kartu kridit. Untuk menghindari kekhilafan yang akan menerpa, sebaiknya gue emang engga bikin kartu macem itu.
Mungkin belum.
Eh tapi jangan juga deh.
Hhnngg.. tapi kalo entar buat traveling jauh sih leh uga.

Maraknya postingan di sosial media yang mana isinya kebanyakan cek in di tempat makan atau di tempat shopping mana gitu, sesungguhnya membuat hati gremet-gremet.
Iihh mau itu ih..
Iihh kayaknya enak deh..
Iihh kok bagus sih..
Tapi apalah daya dompet ini *menatap nanar ke langit-langit*

Kalau mau ngikutin keinginan ya bisa aja. Ya boleh aja. Ya beli aja. Duit-duit gue. Tapi sesungguhnya tidak semudah itu, kisanak~

Mau sampe kapan duit habis tak bersisa begitu saja tiap akhir bulan?
Aduh jangan sampe deh. Gak baik buat kesehatan jiwa khususnya.
Maka demi kelangsungan hidup ke depan, ada baiknya kita mengatur pengeluaran demi hidup yang lebih baik. Di 2015 gue mengalami gonjang ganjing keuangan *halah bahasanya*.
Beberapa pos yang seharusnya terisi, keambil gitu aja buat hal lain. Hiks.
Syedih?
Engga juga sih. Karena ada wujudnya juga.
Tapi tetep rada nyes aja sih kalo inget, harusnya kan bisa disimpen buat ini buat itu. Tapi kan ada wujudnya juga sih, gak nyesel juga. Tapi kan………………..
*gitu terus sampe negara api menyerang.

Jadi baiklah. Tinggalkan segala penyesalan yang ada. Yang berlalu biarlah berlalu. Mari move on. 2016 harus lebih baik. Ahheeyy..
Beberapa pos yang menurut gue penting saat ini, buat gue yaa.. kalo yang lain gak tau..

1. Pos pendidikan. Dikarenakan gue sekolah lagi dan soksokan mau bayar sendiri, maka tentu saja tiap bulannya harus disisihkan buat pendidikan ini. Yang ternyata lumayan juga ih, berasa ternyata. Yaempeen.. Gue usaha banget supaya bisa lulus taun ini. Huhu. Doain yaa :”)

82kartun

2. Kesehatan. Bray.. kita gak pernah tau apa yang bakal terjadi. Amit-amit kejadian sesuatu yang membutuhkan biaya banyak. Intinya sih gimana supaya engga nyusahin bokap nyokap atau siapapun ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Gue berpikir buat pake asuransi swasta, tapi bingung karena ternyata banyak banget. Ada yang cuma cover rawat inap, ada yang cover sama rawat jalan juga, ada yang sekalian invest, ada yang ribet proses reimburstnya dan lain sebagainya. Akhirnya pusing sendiri, hahaha. Jadilah pos ini masi gantung. Adakah yang punya rekomendasi?

index

3. Investasi. Di timeline twitter gue belakangan rame banget soal investasi. Yang ternyata banyak banget bentuknya. Emas, properti, saham, danlainlain. Fokus investasi buat gue pastinya untuk jangka panjang. Yaa semacam how to create your future biar gak kere lah ya. Kita idup gak tau sampe umur berapa dan kita juga gak tau mampu kerja sampe usia berapa, jadi gimana caranya pinter-pinter ngatur duit biar ada terus. Ya mulai nyicil-nyicil dikit-dikit pelan-pelan lah ya. Sebab sejujurnya gue belom berani ambil resiko gede. Belom berasa sih hasilnya tapi ya semoga nanti bermanfaat yaah pemirsa.

invest

4. Rohani. Siapa yang ndak mau ke Mekkah buat yang muslim? Gue sangat ingin kesana, tapi nampaknya tekad gue belom kuat :”D jadi nabungnya ya begitu ( ._.) mungkin baiknya buat gue adalah pake auto debet supaya bener-bener konsisten. Semoga taun ini udah bisa direalisasiin. Aamiin..

images

Kayaknya 4 hal itu yang jadi prioritas di 2016 ini. Yang di atas itu random sih urutannya.
Banyak kendala buat gue konsisten ngisi pos-pos tadi. Salah satunya yang fatal adalah gue termasuk orang yang impulsif. Tiba-tiba liat sepatu kece, beli. Tiba-tiba liat baju unik, beli. Tiba-tiba beli tiket kemana, cus.
Dan pembelaan akan selalu ada karena gue bukan orang yang suka belanja. Tapi ya itu tadi akibatnya impulsif tanpa rasa bersalah “kan gue jarang beli ini”

Hhuufftt…

Berharap 2016 ini lebih bener make uangnya. Lebih bijak lah istilahnya. Lebih tau mana prioritas mana yang “ah nanti bisa lah ya”.
Tapi ngilangin impulsif ini gimanaaa dooong kaaakaaaaa….

Mari usaha lebih keras *pake iket kepala*
Rejeki emang bisa dapet dari mana-mana tapi kalo gak diatur ya perginya juga bisa kemana-mana.

:”D

6 thoughts on “Pos Penting 2016

  1. Jleb banget postingannya soalnya saya boros banget 😦
    semoga saya bs mengatur keuangan menjadi lebih baik. amin…

    • Aduuhh..semoga implementasinya lancar kak. Haha. Aamiim aamiin.
      Salam kenal dari Bekasi 😀
      Aku taun kemarin mau ke Batam gagal. Huhu. Ijin main ke blogmu yaa~

  2. Ini aku setuju bangeeeeet! Nabung! Mumpung masih single, nabunglah sebanyak-banyaknya. Kalo udah berkeluarga macem akik, apalagi kalo udah punya anak, nabung tuh susyaaah sekali. Jadi selagi ada kesempatan, selagi kebutuhan belum menggunung, dan selagi tanggungan belum muncul, nabuuuung yang banyak!

Leave a Reply

