Minum Air Putih

Jika dihadapkan sama dua pilihan, minuman berwarna atau air putih. Udah pasti yang gue pilih adalah minuman berwarna. Apalagi kalau pilihannya antara kopi atau air putih. Udah pasti gue akan pilih kopi. Apalagi kalau saat itu lagi di restoran, udah pasti gue milih minuman berwarna antara kopi, teh atau cola. Mesen air putih? hampir gak pernah.

Kenapa gue gak suka air putih? karena engga berasa minumnya. Gimana? ngerti kan maksudnya? Kalaupun minum air putih, gue akan milih yang dingin, ditambah es batu misalnya. Pokoknya ya engga datar air gitu aja lah.

Padahal gue kerja di lingkungan kesehatan, gue tau kalau air putih itu bagus buat kesehatan. Tapi ya gimana yaa.. menurut gue air putih yang cuma air putih doang itu gak enak. :p

Selain gak suka air putih, rasanya gue ini gak gampang haus. Haha. Kalau abis makan aja suka lupa kalau belum minum. Buat nyiasatin ini gue akan makan sambil bergantian minum. Misalnya 2 suap makan 1 kali teguk minuman. Gitu terus sampe makanan habis. Kalau engga gitu ya gak bakalan minum. Hahaha

Karena jarang haus dan berakibat jarang minum juga, gue termasuk orang yang jarang ke toilet. Gara-gara jarang haus juga, Alhamdulillah pas puasa kemarin engga ngerasain haus yang gimana-gimana :p mungkin udah terbiasa kali yaa..

Tapi semakin kesini gue semakin sadar sih. Harus mulai biasa minum air putih. Karena apa? karena pengen aja sih mulai hidup sehat *ciyee gitu~~* Mulai belajar suka sama air putih, mulai rajin olahraga, mulai rajin nyatet dan ngatur keuangan supaya dompet sehat juga >,<

Baca-baca ataupun kalau kalian inget iklan, terpampang nyata kalau sebaiknya minimal minum 8 gelas sehari. Gelas apa dulu neh? ternyata gelas yang ukurannya 200ml. Jadi ya kira-kira 1,6 liter sehari ya cyin. Ini ukuran buat cewe, kalo laki otomatis lebih banyak lagi sekitar 2 liter per hari. (Info lebih lengkap, mari klik ini )

Lalu, apakah mudah menerapkan 1,6 liter sehari ini? Oh tentu saja tidak. Apalagi buat yang jarang merasa haus macem gue. Beberapa trik yang gue lakuin adalah:

  1. Taruh botol minum tepat di depan mata. Ketika gue di kantor, gue taruh botol minum di samping monitor. Kenapa? karena ketika nyari inspirasi dan mata kemana-mana, otomatis si botol minum ini ketangkep, jadi mau gak mau minum deh :p
  2. Gimana supaya tau kalo udah minum 1,6 liter sehari? harus tau ukuran botolnya sih ini. Hahaha. Selama ini gue make botol Aqua ukuran 600ml buat dituang ke botol minum. Terus direfil pake itu juga. Jadi gampang terukur gue udah minum berapa ml.

Dan, apakah sejauh ini tercapai 1,6 liter sehari ? tentu saja belum. Hahahaha. Bok yaa.. udah abis 2 botol 600ml aja udah bagus banget buat gue. Karena gue masih suka minum teh atau kopi di hari itu juga. Minimal segelas segelas deh itu. Tapi setidaknya sekarang udah lebih banyak minum air putih dibanding kemarin-kemarin.

Efeknya ketika gue mulai banyak minum air putih adalah jadi sering ke toilet :”)) ya pasti dong yaa.. tapi itu bagus sih, karena bisa jadi detoks buat tubuh juga. Fungsi kerja ginjal juga jadi engga berat banget karena dimasukin cukup cairan. Masih banyak lagi sih alesan kenapa kita harus cukup minum air putih. Efek yang paling penting buat ciwi-ciwi adalah kulit jadi engga gampang kering.

Dulu, kulit gue gampang banget kering, kalo kebaret jadi busik gitu (haadeeehh bahasanya yaa.. hahaha) cara mengatasinya ya gak lepas make handbody lotion. Apalagi kerjanya di ruangan yang berAC terus. Tapi semenjak lebih banyak minum air putih lebih dari biasanya, kulit gue gak gampang kering. Yuuhuu…~~

Selain itu, gue baru tau juga sih kalau kekurangan air putih juga bisa mengakibatkan sakit kepala. Naaahh… gue sering banget sakit kepala. Kalau udah sakit kepala gue pasti mikir kalau gue kekurangan oksigen, padahal kekurangan air juga bisa menyebabkan sakit kepala kayak yang tertulis artikel ini. Begitu baca, gue langsung “Ooooooo….”

Gue salut banget sih sama orang-orang yang dari dulu udah rajin minum air putih. Emang minuman yang paling sehat ya air putih kan ya? tapi teh sama kopi itu enak banget loh.

Jadi mari luruskan niat dan rajin-rajin minum air putih.

Doakan semoga gue terus rajin minum air putih yaa..

Karena hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri? iya gak sih? 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s