Kenapa marah-marah?

Tulisan ini dipersembahkan oleh perjalanan kereta commuter line (selanjutnya disebut CL) Bekasi – Cikini yang memakan waktu satu jam. YAK. SATU JAM.

Kenapa bisa satu jam? Mari gue jabarkan..

1. Ketika masih di Bekasi sekitaran jam 6 kurang, CL ini galau mau berangkat apa engga. Info yang berbunyi kalau akan diberangkatkan setelah kereta jarak jauh (selanjutnya disebut KJJ) masuk ke Stasiun Bekasi. Tapi ternyata engga nongol juga, akhirnya berangkatlah si CL ini.

2. Menuju stasiun Cakung, si CL mulai berjalan pelan. Feeling gue bilang kalau bakal masuk jalur 4 Cakung yang artinya akan disusul oleh si KJJ yang tadi belum sempat masuk Bekasi. Gak lama ada pengumuman kalau masuk jalur 4. Bener kan?

3. Masuk jalur 4 Cakung ditahan sebentar, lalu dipersilahkan jalan. Lah? Si KJJ kemana?

4. CL berjalan normal, tapi setelah Stasiun Klender si CL melintas lambat. Feeling ga enak nih. Di sinyal Cipinang CL bener-bener berenti. Lalu ada pengumuman “mohon maaf perjalanan anda terlambat karena mengalami antrian di jalur 2 dan 3 Stasiun Jatinegara yang masih terdapat kereta” Gitu terus diulang-ulang selang 5 menit. Sampai kurleb 20menit. Buat yang duduk gak masalah. Tapi buat yang diri?

5. Akhirnya masuk jalur 3 Jatinegara. Ada pengumuman lagi bahwa CL akan diberangkatkan setelah KJJ Gajayana masuk dijalur 2. Nunggu, lalu masuklah si Gajayana. Sampe Gajayana bener-bener berenti. Lalu ada pengumuman kalau si CL ini kan diberangkatkan. Lah?

6. Masuk Manggarai si jalur 1 lalu gak lama jalan ke Cikini.

Gue mantau Twitter dan emang pada banyak ditahan. Ga dikit juga yang marah-marah. Wajar sih menurut gue. Tiap orang udah punya estimasi nih bakal sampai stasiun tujuan jam berapa. Lalu ternyata si CL ditahan karena masih ada antrian.

Antrian apa?

Kok bisa antrian?

Dari jam berapa?

Sampai kapan ngantrinya?

Pertanyaan itu yang bakal muter-muter dipikiran penghuni CL. Tapi mereka (khususnya gue) gak dapet jawaban dari pertanyaan itu.

Kru CL cuma meminta maaf lewat speaker atas keterlambatan yang terjadi. Iya dimaafin. Tapi alasan jelas kenapa bisa antrian itu yang engga dijabarin.

Kalo gue, ini gue loh ya..gak tau yang lain.

Gue akan lebih bisa menerima menunggu antrian tanpa ngeluh jika jelas kenapa bisa akhirnya ngantri gini. Apakah ada KJJ sebelumnya yang terlambat? Atau ada kerusakan kereta? Atau gangguan sinyal? Nah itu terjadi dari kapan? Berapa lama perbaikan kalo emang ada kerusakan? Dan lain sebagainya.

Jika semuanya jelas kenapa-kenapanya itu akan bikin enak kedua pihak bukan? Si CL gak dimaki-maki sama penumpang. *Pukpuk admin @commuterline*

Intinya komunikasi sih menurut gue. Apa-apa yang dikomunikasikan itu bisa lebih mengurangi suudzon loh *drama banget gak sih gue? 😝

Gue berharap CL lebih komunikatif. Lebih bisa memberikan info atau penjelasan kenapa terjadi antrian. Kenapa penumpang harus menunggu lama.

Kalau sekiranya mas-mas yang suka ngomong lewat speaker cape buat ngejelasin, coba deh layar yang ada di tiap gerbong itu dimanfaatkan. Tulis info disitu.

Biar dua-duanya sama-sama enak. Damai deh~

Sekiranya itulah keluh-kesah gue di perjalanan pagi ini. Jadi, kenapa banyak yang marah-marah? Ya karena info nya gak jelas.

Semoga commuter line lebih baik lagi sih ini intinya. Gue yakin semalesinnya CL karena sering telat tapi pasti penggunanya gak mudah berpaling.

Sering telat aja masi banyak yang naikin (meskipun ada yg pake ngamuk) apalagi kalo pelayanan makin bagus? Ya gak sih?

Hidup commuter line..!! *Pasang kembang api*

3 thoughts on “Kenapa marah-marah?

  1. Memang itulah PR CL sampai sekarang. Saya dari Klender Baru – Kebayoran, harus berganti CL tiga kali. Dan, akhirnya saya balik pakai kendaraan pribadi, supaya lebih cepat

  2. Pingback: Dear Commuter Line | istana bintang..

Leave a Reply

